Strategi Peningkatan Ekspor Kopi Melalui Teknologi

Webinar yang dilakukan oleh Emurgo pada tanggal 16 Januari 2021 membahas mengenai Strategi Peningkatan Ekspor Kopi Melalui Teknologi. Narasumber pada kegiatan Webinar ini adalah Suryono selaku Founder dan CEO Alko dan Tanti Ruani dari pihak Emurgo. Tujuan kegiatan webinar ini adalah memperkenalkan teknologi block-chain sekaligus untuk memberikan edukasi tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan ekspor komoditas kopi.

Pada kegiatan ini narasumber pertama Suryono menjelaskan bagaimana Alko sebagai perusaahan kopi melakukan penggunaan teknologi dalam penjualan dan ekspor kopi. Tujuan Alko melakukan penggunaan teknologi block-chain dalam penjualan dan ekpor kopi adalah untuk melakukan ketransparanan dan keterlacakan (traceablity) kopi yang lebih mudah melalui teknologi, karena dengan mengetahui siapa dan kemana kopi-kopi yang petani miliki dioalah, diminum dan dinikmati, maka akan menumbuhkan moral dan tanggungjawajab petani untuk tetap mempertahankan kualitas kopi yang mereka miliki kepada setiap buyer atau peminum kopi. Alko sendiri telah menggunakan teknologi block-chain dalam penjualan kopi bersama Blue Korintji, Noka, dan Khasta, serta telah membangun block-chain di luar negeri, yaitu di Uminomukou Coffee, Japan. 

Selanjutnya pemateri kedua Tanti Ruani menjelaskan mengenai profile emurgo yang bergerak dibidang teknologi block-chain dan konsultan. Emurgo sendiri adalah sebuah perusahaan yang baru didirikan sejak 2 tahun yang lalu dan saat ini telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam memabangun teknologi block-chain pada berbagai sektor. Emurgo dan Alko membangun traceability kopi dengan teknologi block-chain semenjak Maret tahun 2020 dan dilaunching pada Desember 2020. Kedepan Alko dan Emurgo juga akan terus bekerjasama dan memabangun, serta mengembangkan teknologi block-chain pada komoditas kopi dengan sistem dengan lebih lengkap lagi dan mengajak pengusaha kopi lainnya untuk bergabung dalam penggunaan teknologi block-cahain pada komoditas kopi.

Dimusim pandemi banyak orang menjaga kualitas produk dan ingin mengetahui dari mana produk yang mereka makan dan minum.   Teknlogi block-chain yang telah dikembangkan oleh Alko dan Emurgo hadir dalam memudahkan melakukan ketransparanan dan keterlacakan atau traceablity kopi dari hulu sampai hilir. Hal ini lah yang menjadikan buyer atau peminum kopi memliki kepercayaan terhadap kopi yang mereka beli. Sehingga memiliki nilai tambah dalam pejualan dan ekspor kopi karena memiliki keterlacakan atau traceability yang terjaga.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *