STRUKTUR ALKO Kopi Alam Korintji

PERKUMPULAN KOPI ALAM KORINTJI 

Kabupaten Kerinci memiliki dataran tinggi disekitar Gunung Kerinci dengan ketinggian antara 1300– 1600 mdlp yang sangat cocok di tanami oleh tanaman kopi jenis Arabika. Perkumpulan Kopi Alam Kerintji merupakan perkumpulan Petani Kopi Lereng Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci yang berdiri pada tahun 2015. Tujuan didirikannya Perkumpulan Kopi Alam Korintji untuk Memberi pendampingian kepada petani kopi agar dapat meningkatkan kapasitas petani anggota perkumpulan dan masyarakat dalam menjadikan tanaman Kebun Kopi sebagai pendapatan Andalan dan sebagai produk utama penyangga ekonomi masyarakat Kerinci.

Selain itu Perkumpulan Kopi Alam Korintji juga secara trasparansi memberikan informasi pangsa pasar dan harga Komditas Kopi kepada petani kopi di Kerinci melalui Aplikasi ALKO MOBILE, berupaya meningkatkan pengetahuan petani anggota Perkumpulan dan masyarakat dengan pengetahuan wirausaha untuk memberikan nilai tambah kepada petani sehingga meraka dapat memparbaiki proses,pengolahan lahan pertanian, pembibitan, perawatan, manajemen paska panen,produksi bahan setengah jadi, pemasaran, penjualan dan distribusi. Selanjutnya petani dan masyarakat dapat meningkatan nilai tambah hasil produksi lahan pertanian menjadi optimal. Kopi Alam Korintji adalah perkumpulan petani dan wanita tani kopi yang dibentuk berdasarkan keputusan bersama 13 perkumpulan petani kopi yang berada di Kabupaten Kerinci provinsi Jambi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani dalam praktik pertanian, industri kecil dan perdagangan kopi.

Preserving nature and  empowering Community adalah visi besar dari Koperasi ALKO, dimana Koperasi selain memproduksi Kopi juga memeperhatikan sisi lingkungan dan sosial. bentuk kegiatan dalam Program Preserving Nature nya adalah Koperasi ALKO selalu meiliki agenda tahunan tentang penanaman pohon dan Penukaran Sampah dari Gunung Kerinci 3805 MDPLtempat domisili koperasi ALKO, dimana setiap sampah dari puncak gunung yang dibawah turun setiap 1 kg sampah akan di tukar dengan 1 pcs kopi bubuk @100gram dari petani Alko. dan Bentuk kegiatan Dalam program Empowering Komunitynya adalah dengan melakukan pelatihan teehadap petani untuk GAP (Good Agricultur Practice) kopi, dari pola tanam sampai pasca panen, termasuk didalamnya melakukan pendampingan usaha kepada kelompok wanita tani anggota koperasi. Koperasi ALKO juga memberikan share profite kepada anggota koperasi berupa pemberian sarana dan perlatihan. untuk menjaga trasparansi harga danproduksi Koperasi Memiliki Aplikasi ALKO mobile yg bisa di akses oleh semuamember untuk mendapat kan informasi harga secara terbuka dan transpsransi. Koperasi juga memiliki data petani secara akurat dengan titik koordinat kebundan dipastikan petani koperasi alko tidak berkebun di kawasan terlarang atautaman nasional.

Perkumpulan Kopi Alam Korintji melakukan kegiatan usaha;

  1. Pengembangan wirausaha Kopi (agribisnis),
  2.  Praktik Petanian berkalanjutan pada Kopi,
  3. Pendirian pabrik mini pengolah Kopi,
  4.  Pengembangan wisata Kopi,
  5.  Pengembangan Usaha Home Industri,
  6. Peningktan Peran Perempuan untuk menunjang ekonomi rumah tangga.  

TEAM PROFESIONAL ALKO

  1.  Suryono : CEO Kelahiran kerinci 36 tahun lalu, telah bekerja professional di Bidang Pertanian selama 16 tahun. Di ALKO Sumatra Kopi selain sebagai founder juga sebagai managing director sejak tahun 2015. Alko kopi adalah perusahaan pengola biji kopi, menjalankan bisnis kopi secara mandiri, mengembangkan komoditi kopi dan pendampingan petani.
  2. Nopa Suryono : COO ICS, lahir 37 tahun lalu di kerinci, pulang dari negeri sakura keluar bekerja dari perusahaan multinasional memilih bertani kopi di kerinci sejak 2013. Di Alko Sumatra kopi selain CO Founder juga sebagai Profesional di divisi budidaya kopi, Membawahi team ICS (Internal Control System) ALKO untuk menjaga kualitas kopi dari mulai pembibitan, penanaman, perawatan dan panen
  3.  Kelik : COO ICP, kelahiran kerinci 26 tahun lalu, bekerja professional di pengolahan kopi sejak 2014, CO Founder ALKO yang menangani divisi produksi di team ICP (Internal Control Production), pasca panen, mengawasi produksi hingga shipment
  4. Fatarida Marbun, SP. : Enerjik muda 28 tahun berdarah Sumatra utara: mendedikasikan diri sebagai tema supply chain kopi, barista kopi dan juga divisi marketing di alko Sumatra kopi. Juga sebagai konsulatan kopi plantation poktan solsel.
  5.  Hendra Gustomi, SE, M.Si. : Pria enerjik muda 36 tahun kelahiran kerinci, sebagai professional, praktisi dan akademisi bidang keuangan dan investasi. Mendedikasikan di ALKO Sumatra kopi sebagai devisi financial, dan menghandle proyeksi company. 6. Erna Yunita : wanita 30 tahun lahir dikerici, selain sebagai marketing consult juga sebagai owner pelangi guest house. Bekerja sebagai team yang enerjik, solid dan professional marketer, link market dan Humas Di ALKO Sumatra Kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *